PENTINGNYA MEMBINA KEBERSAMAAN DAN KEKOMPAKAN

Kali ini saya akan membahas mengenai PENTINGNYA MEMBINA KEBERSAMAAN DAN KEKOMPAKAN dan ini adalah tugas ospek saya pada tahun 2014.

Kita dilahirkan sebagai makhluk sosial, diciptakan saling berdampingan, dalam hidup diperlukan kekompakan dan kebersamaan untuk menyatukan setiap kelompok. KEKOMPAKAN DAN KEBERSAMAAN, sungguh indah dan terasa menyenangkan serta setiap orang pasti akan mengingat masa-masa kebersamaaan mereka baik dengan keluarga, rekan kerja, teman kelas, dll di masa lampau. Kebersamaan dalam kekompakan seolah menjadi impian setiap orang yang diharapkan akan menjadi kenyataan. Kenyataan untuk menghadirkan dan mempertahankan rasa kepedulian, kasih sayang, saling berbagi, rasa saling mengalah, saling menghormati dan kerukunan yang diiringi dengan canda tawa pembangun jiwa.
Kebersamaan belum berarti selalu bersama kapanpun dan dimanapun. Kebersamaan adalah awal dari terciptanya kedamaian hidup  antar manusia yang menjadi dasar terciptanya kekompakan. Menurut Dewi(2007), kekompakan adalah bekerja sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasa ditandai adanya saling ketergantungan. Sedangkan kebersamaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan pikirkan  selalu melibatkan orang lain, karena dampak dan hasilnya selalu dapat dirasakan bersama baik suka maupun duka, serta kita selalu merasa tenang dalam melakukannya karena hati kita selalu merasa bersama.
Kebersamaan
Diambil dari kata dasar bersama, yang mempunyai kepanjangan dari :
Bulatkan tekad
Eratkan hubungan
Rasakan
Semangat dalam diri
Akan tanggung jawab
Manusia
Akan tugasnya
Sedangkan,
Kekompakan
Diambil dari kata dasar kompak, yang mempunyai kepanjangan dari :
Koreksi pribadi
Orasikan
Masalah
Pada
Akarnya yaitu
Kebersamaan

Kebersamaan dan kekompakan memiliki hubungan yang erat. Tanpa ada kebersamaan, tidak akan ada kekompakan, begitu pula sebaliknya. Kebersamaan dan kekompakan dapat tercipta dengan adanya kesamaan hobi, suku, pekerjaan, adanya waktu untuk berkumpul, dll. Kekompakan dan kebersamaan tidak hanya dapat tercipta dalam suatu kelompok kecil, melainkan juga dalam suatu kelompok besar. Misalnya BEM Universitas Udayana yang anggotanya terdiri dari berbagai daerah, fakultas maupun jurusan. Tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk menyatukan, mengatur dan menjalankan program yang dirancangkan.butuh kesabaran, inisiatif untuk mengatur, kekompakan serta saling mengerti.setiap orang memiliki tujuan hidup dan ego yang berbeda-beda. Setiap orangpun memiliki persepsi yang berbeda walaupun sebenarnya bertujuan sama.

Pernahkah kalian berpikir bagaimana cara Wright bersaudara menyatukan konsep mereka dalam menciptakan model pesawat terbang ? dua orang yang walaupun bersaudara namun memiliki ide dan kepribadian yang berbeda. Kebersamaan, kekompakan dan rasa saling mengertilah yang menyatukan mereka, menyatukan persepsi dua orang yang berbeda. Kerja sama merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mencapai sebuah cita-cita besar. Kebersamaan dan kekompakan perlu kita lakukan untuk membesarkan diri kita dan orang lain. Bangunlah kebersamaan dan kekompakan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan jangan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam keburukan.

Kekompakan memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah terjalinnya hubungan yang baik antar anggota atau manusia yang menyebabkan terciptanya kerukunan dan adanya sikap mau mengalah serta mengurangi kesalah pahaman. Dampak negatifnya adalah ketika kekompakan yang dianut dalam artian yang salah, seperti perkelahian, tawuran, dll.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar suatu kelompok itu baik adalah tetaplah bersikap baik, miliki inisiatif untuk saling menolong dalam menciptakan kebersamaan dan kekompakan, bangun relasi antar kelompok dengan baik, hindari sifat iri, hindari sifat sok berkuasa dan yang terutama adalah tetap jaga kebersamaan dan kekompakan yang telah dibangun. Sama halnya dengan bermasyarakat dalam jenjang kuliah, diperlukan hal-hal tersebut.

Aksi saya untuk fakultas MIPA adalah menanamkan kebersamaan dan kekompakan dalam diri setiap individu. Mari biasakan diri untuk terus menanamkan konsep kebersamaan dan kekompakan dalam diri kita, mulai dari kelompok kecil hingga kelompok besar. Saya sudah merasakan rasanya jika ada kebersamaan dan kekompakan dalam suatu kelompok.

Tingkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan! Tanpa dua hal itu apapun yang kita lakukan akan terasa susah. Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan, kita akan merasa nyaman, segala sesuatu terasa mudah dan kita tidak perlu menanggung beban atau masalah sendirian.

Tingkatkan kebersamaan dan kekompakan demi kepentingan bersama. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.Tak ada gading yang tak retak, tak ada orang yang sempurna, belajarlah untuk memahami orang lain, dan terus jaga kebersamaan dan kekompakan.

Komentar

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan kimia SMA Pengaruh zat terlarut pada titik beku

Golongan Transisi Deret 2 dan 3

Lirik Lagu Citra Feat Regina – Kekuatan Hatiku